Top Banner

Diduga handrem bermasalah,Bus Pariwisata melaju terjun ke jurang saat parkir

Redaktur
Minggu, Mei 07, 2023
Last Updated 2023-05-18T00:17:51Z
Premium By Raushan Design With Shroff Templates
TEGAL - Insiden Kecelakaan terjadi di obyek wisata Guci Kabupaten Tegal, sebuah bus besar berisi puluhan penumpang terjun ke jurang di dekat jembatan pasar Guci, Minggu (7/5/2023).

Sejumlah warga sekitar lokasi kejadian mengevakuasi penumpang bus besar yang mengalami kecelakaan masuk jurang di Objek Wisata Guci, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Minggu (7/5/2023)


Bus berwarna merah tersebut membawa rombongan ziarah dari Kayu Gede, Serpong Utara, Tangerang Selatan tersebut hendak pulang.

Detik-detik bus masuk jurang pun sempat terekam kamera video warga. Dalam video itu bus tampak meluncur sendiri di sebuah jalan yang menurun sebelum akhirnya terbalik dan masuk jurang.

Sejumlah warga sekitar lokasi kejadian mengevakuasi penumpang bus besar yang mengalami kecelakaan masuk jurang di Objek Wisata Guci, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Minggu 7 Mei 2023.

Belum diketahui berapa jumlah korban dalam kecelakaan ini. Sejumlah penumpang bus mengalami luka-luka dan dilarikan ke Puskesmas terdekat.

Warga di sekitar lokasi kejadian mengungkapkan detik-detik bus masuk jurang di Objek Wisata Guci, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Minggu 7 Mei 2023.

Seorang warga Hidayat mengungkapkan bahwa sebelum masuk jurang, masuk jurang, bus sudah dinyalakan untuk memanaskan mesin.

"Bus tengah di-panasi, penumpang sudah naik, sopirnya lagi ngopi.Tidak tahu di-hand rem atau tidak.Tapi ada ganjal, bus melaju dan masuk jurang," kata Hidayat dikutip dari TribunBanyumas.com.

Belum diketahui berapa jumlah korban dalam kecelakaan ini.

Sejumlah penumpang bus mengalami luka-luka dan dilarikan ke Puskesmas terdekat.

Berdasarkan informasi yang dihimpun bus besar berwarna merah terjun ke jurang dan terguling di sungai dekat Pasar Wisata Guci.

Bus tersebut terus melaju hingga terguling di jurang dengan dasar sungai.

Lokasi tergulingnya bus berada di dekat area parkir atau dekat jembatan di bawah Pasar Wisata Guci.

Dalam peristiwa ini, satu orang penumpang dilaporkan meninggal dunia di lokasi kejadian, sementara puluhan penumpang lainnya dilaporkan harus dilarikan ke Puskesmas Bumijawa untuk mendapatkan pertolongan medis, akibat luka-luka hingga patah tulang yang dideritanya.

Sejumlah warga pun ramai-ramai mengevakuasi penumpang yang berada di dalam bus.

Sementara itu Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol M Iqbal Alqudusy membenarkan kejadian tersebut.

Saat ini korban telah dibawa untuk dilakukan pengobatan di Puskesmas terdekat.Pihaknya akan mengabarkan lebih lanjut terkait kronologi dan jumlah korban.

Polisi masih melakukan penyelidikan terhadap peristiwa kecelakaan bus pariwisata di kawasan objek wisata Guci, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah

Informasi dari Mapolres Tegal diperoleh keterangan bus yang mengangkut para peziarah asal Tangerang, Jawa Barat tersebut, berjalan tanpa pengemudi saat terparkir.

Karena lokasi yang berada pada kemiringan, bus berjalan tak terkendali hingga menabrak pembatas jembatan dan masuk terguling ke dalam sungai.

Namun di dalam bus tersebut sudah terisi puluhan penumpang, sambil menunggu para penumpang lain yang masih berada di area parkir tempat wisata pemandian air panas Guci.

Kapolres Tegal, AKBP Mohammad Sajarod Zakun mengungkapkan, peristiwa ini merupakan kecelakaan tunggal, bus masuk ke sungai, Ahad sekitar pukul 08.00 WIB.

Peristiwa ini terjadi di kawasan objek wisata Guci, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal," ungkapnya.

Peristiwa berawal saat kendaraan bus dalam keadaan terparkir (berhenti) tiba tiba melaju tak terkendali hingga akhirnya terperosok dan masuk sungai, di lokasi parkir areal objek wisata Guci.

Sesaat kejadian Polres Tegal bersama Instansi terkait secara sigap melakukan penanganan dan evakuasi pertama terhadap korban ke puskesmas terdekat.

"Sampai saat ini, semua korban luka luka sudah tertangani dan dalam perawatan medis oleh pihak puskesmas," tambah kapolres.

Petugas Polres Tegal tengah melakukan tindakan kepolisian pertama di tempat kejadian perkara dan melakukan olah tempat kejadian perkara.

Polisi juga sudah mengamankan beberapa barang barang milik korban dan mengamankan lokasi serta melakukan evakuasi kendaraan bus tersebut.

“Hingga saat ini Polres Tegal masih menyelidiki penyebab terjadinya kecelakaan, dalam peristiwa bus masuk sungai ini," tegasnya. (Red.01).
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl

Portal Karangpucung