Top Banner

Pramuka Kwaran Cimanggu Menggelar Jambore

Redaktur
Minggu, Oktober 01, 2023
Last Updated 2023-10-02T09:00:01Z
Premium By Raushan Design With Shroff Templates
CIMANGGU-Kwartir Ranting Cimanggu menggelar kegiatan Perkemahan Jambore tahun 2023 bertempat di lapangan PTPN IX Kebun Kawung Cimanggu yang berlangsung dari tanggal 28-30 September 2023.

SIMBOLIS Mabiran Cimanggu Bambang Tutuko secara simbolis melakukan pengalungan tanda peserta  Perkemahan Jambore Pramuka Kwaran ranting Cimanggu tahun 2023. 

Perkemahan Jambore Kwaran Cimanggu dibuka secara resmi oleh Camat Cimanggu Bambang Tutuko selaku Mabiran, dalam upacara pembukaan ditandai dengan penyematan tanda peserta Perkemahan Jambore secara simbolis.

Hadir pada Upacara Pembukaan Pesta siaga tersebut Forkompimca,Korwil Bidik Cimanggu, Pengawas Sekolah,KamabigusSD/MI, Mabigus,Pengurus Kwaran,Dewan Kerja Ranting dan Pembina gudep serta pendamping.

Bambang Tutuko dalam sambutannya, sangat mendukung kegiatan pramuka tidak hanya bermanfaat dalam meningkatkan pengetahuan,wawasan,dan keterampilan tapi juga dalam pembentukan karakter anak melalui Dasa Darma maupun Trisatya Pramuka.

“ Pembentukan karakter  terscermin dalam dasa pramuka dan Tri Satya yang harus dipedomani oleh seluruh anggota pramuka,” katanya.

Sementara itu Ketua Kwaran Cimanggu Purnama saat dikonfirmasi mengungkapkan Kegiatan jambore merupakan agenda Kwaran digelar rutin 2 tahun sekali.

Tujuan dari Kegiatan jambore diantaranya menanamkan jiwa dan semangat sportipitas, Solidaritas dan kedisiplinan, meningkatkan kemampuan kecakapan, Keterampilan dan kecakapan pramuka serta peningkatan prestasi anggota pramuka penggalang.

Peserta saat menampilkan kreatifitas  pesta seni dan budaya pada Kegiatan Jambore Pramuka Kwaran  Cimanggu di Lapangan  PTPN IX Kebun Kawung Cimanggu Kecamatan Cimanggu, Cilacap. 

Selain itu juga sebagai motivasi,inspirasi dan Penyegaran kepada anggota pramuka penggalang kwartir ranting Cimanggu sekaligus sebagai evaluasi kegiatan Pramuka di semua SD/MI di Kecamatan Cimanggu.

“Kegiatan jambore juga sebagai evaluasi apakah kegiatan pramuka dimasing-masing sekolah berjalan atau tidak dan kami berharap dari jambore ini bisa memotivasi sekaligus revitalisasi, yang aktif bisa lebih giat lagi yang tidak aktif diaktifkan kembal
”Pungkasnya

Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana Tugiman mengatakan,kegiatan Perkemahan Jambore Ranting Cimanggu mengambil Tema Satu Kata Satu tujuan Jayalah  Pramuka  Indonesia diikuti 1.464 peserta penggalang dan 978 Pembina pendamping dari semua gugus depan SD/MI di Kecamatan Cimanggu.


Ada 8 materi yang dinilai dalam Perkemahan jambore tersebut meliputi Keagamaan, Semaphore,PBB bertongkat, Kerangka Tenda Seni Budaya, Halang Rintang, Yel-yel, Hasta Karya Bumbung Pramuka, Trampil di Dapur dan Administrasi Regu

Berdasarkan hasil Penilaian hakim juri Jambore Kwaran ranting Cimanggu juara Tergiat 1 Putra diraih SDN Karangreja 03 jumlah nilai 914,80,Tergiat II diraih SDN Kutabima 04 jumlah nilai 907, 45 dan Tergiat III diraih SD Islam Raden Fatah jumlah nilai 904,70.

Sedangkan Juara Tergiat I Putri diraih SDN Kutabima 02 jumlah nilai 917,85, Tergiat II diraih SDN Cisalak 01  jumlah nilai 913,05  dan Tergiat III diraih SDN  Pesahangan 02 jumlah nilai 911,30. (lim)



iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl

Portal Karangpucung