Top Banner

Penggilingan Padi di Sidareja Ludes Terbakar

Redaktur
Kamis, November 09, 2023
Last Updated 2023-11-09T01:59:19Z
Premium By Raushan Design With Shroff Templates

SIDAREJA– Sebuah  tempat penggilingan padi milik  milik Suhanda Subowo (68) di Dusun Cisagu Desa Penyarang Kecamatan Sidareja Kabupaten Cilacap ludes dilalap pada Rabu (8/11/2023).


Petugas Damkar dibantu masyarakat melakukan overhaul atau pembersihan di lokasi kejadian kebakaran di Desa Penyarang, Kecamatan Sidareja, Kabupaten Cilacap, Rabu (8/11/2023).-DAMKAR CILACAP

Kebakaran menghanguskan bangunan beserta isinya, termasuk mesin penggilingan padi, dengan kerugian hingga puluhan juta rupiah.

Menurut Kepala UPT Damkar Cilacap Supriyadi menyampaikan, kejadian kebakaran tempat penggilingan padi tersebut diketahui oleh warga yang melihat munculnya asap di atas bangunan itu.

“ Warga yang tengah melintas di kebun belakang tempat penggilingan padi melihat kepulan asap diatas bangunan  penggilingan padi, lalu berteriak memberitahu  warga setempat,” ujar Supriyadi dalam keterangannya.

Warga yang datang ke lokasi langsung  membantu memadamkan api dengan alat seadanya. Kemudian dilaporkan ke Satpol PP dan diteruskan ke Pos Damkar Sidareja untuk membantu pemadaman.

Menindaklanjuti adanya laporan kebakaran tersebut, sebanyak 5 personel Pos Damkar Sidareja menuju ke lokasi kebakaran dibantu dengan relawan dan kebakara dapat dikendalikan sehingga kebakaran tidak sampai merambat ke bangunan yang lainnya.

Tak ada korban jiwa dalam musibah kebakaran ini, namun pemilik tempat penggilingan padi mengalami kerugian material berupa bangunan yang terbuat dari kayu ludes terbakar.

Selain bangunan, kebakaran juga melalap seisinya termasuk mesin penggilingan padi dan alat timbang.

' Tidak ada korban jiwa, namun mengalami kerugaian material ditaksir sekitar 50 juta rupiah dan penyebab kebakaran diduga dari korsleting listrik mesin penggilingan padi, ,” Terangya.

Supriyadi  juga mengungkapkan, kasus kebakaran akibat korsleting listrik di Kabupaten Cilacap cukup mendominasi. Faktor penyebabnya bisa terjadi karena kurang pemeliharaan jaringan kelistrikan

Oleh karena itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar selalu memeriksa jaringan listrik secara berkala, dan  tidak meninggalkan tempat produksi atau rumah dalam kondisi listrik menyala.
Jika ditinggal pergi pastikan selalu mematikan aliran listrik dengan memutus kontaknya jika ditinggal pergi.

Selain kelistrikan,  penyebab kebakaran karena tungku juga marak terjadi belakangan ini, karena kelalaian dan menyepelekan dengan tidak mematikan tungku ketika habis digunakan dan meninggalkannya dalam kondisi masih terdapat bara apinya. (red.01)

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl

Portal Karangpucung