Top Banner

Ribuan Pesilat, Bersaing di Cilacap Championship I 2023

Redaktur
Minggu, November 05, 2023
Last Updated 2023-11-05T10:14:21Z
Premium By Raushan Design With Shroff Templates



CILACAP– Ribuan pesilat dari berbagai daerah di Indonesia memadati Gelanggang Olahraga (GOR) Wijaya Kusuma Cilacap mengikuti Kejuaraan Nasional Pencak Silat Cilacap Championship 1 tahun 2023. Minggu (5/11/2023).


Kejuaraan memperebutkan trofi Kemenpora itu dibuka secara resmi oleh Pj Bupati Cilacap Yunita Dyah Suminar pada Sabtu (4/11/2023) yang diwakili kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Cilacap Paiman didampingi Ketua IPSI Cilacap Mulyanto dan Forkompimcam setempat.


Pj Bupati Cilacap Yunita Dyah Suminar dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kepala Disporapar mengatakan, pihaknya menyambut baik penyelengaraan kegiatan Kejuaraan Pencak Silat Cilacap Championship 1 tahun 2023.


Dikatakan kejuaraan tersebut sangat positif disamping sebagai sarana meningkatkan persahabatan antar atlit pencak silat juga menumbuh kembangkan olahraga pencak silat di Kabupaten Cilacap.


Menurutnya perkembangan pencak silat saat ini menunjukan kemajuan yang cukup pesat termasuk prestasi yang cukup membanggakan tidak hanya nasional tapi jugaditingkat internasional sehingga patut disyukuri.


Kepala Disporapar Kabupaten Cilacap Paiman mewakili PJ Bupati Cilacap saat membuka Kejuaraan Pencak Silat Cilacap Championship 1 di GOR Wijaya Kusuma Cilacap.Sabtu (4/11/2023)

Selain itu pencak silat juga merupakan warisan budaya bangsa, yang harus dilestarikan.


Oleh karena itu, Dia mengajak kepada atlit dan pengurus perguruan pencak silat di Kabupaten Cilacap untuk terus mengembangkan dan memasyarakatkan pencak silat sebagai olahraga seni beladiri yang semakin dicintai dan membudaya dimasyarakat.


Sehingga diharapkan nantinya akan muncul bibit atlit pencak silat dari Kabupaten Cilacap yang mampu membawa harum daerah maupun untuk bangsa.


" Kejuaraan ini  salah satu upaya menumbuhkan atlit pencak silat berprestasi dikabupaten Cilacap, tidak hanya kuantitas tetapi juga kualitas." Tegasnya.


Mengakhiri sambutannya, Bupati berpesan agar maksud dan tujuan kejuaraan  Cilacap Championship 1 dapat tercapai diperlukan sikap sportif dari seluruh atlit, official, wasit/juri maupun penonton.


Sementara itu ketua Panitia Penyelenggara Cilacap Championship 1  Mohamad Ricky Aditya mengatakan Kegiatan Cilacap Championship 1 diselenggarakan oleh EO Sayap Rajawali diikuti 1.035 pesilat dari 93 Kontingen, dengan jumlah wasit/juri sebayak 35 orang yang ditugaskan dari
IPSI Pengprov Jateng.



Peserta datang dari berbagai perguruan pencak silat dan sekolah maupun perkumpulan tidak hanya Cilacap tapi juga berbagai daerah  dipulau jawa dan sekitarnya diantaranya dari Batam Kepulauan Riau.


"Kejuaraan berlasung 2 hari dari Sabtu dan Minggu dengan mempertandingkan katagori tanding dan seni." Kata Aditya saat ditemui usai acara pembukaan, Minggu (5/11/2023) siang.


Dijelaskannya, Pertandingan di bagi menjadi 2 sistem  yakni Pemasalan untuk  Usia Dini/SD sampai dengan usia 8 tahun, SD usia 9-12 tahun Pra Remaja/SMP dengan nomor Katagori Tanding dan Seni.


Kemudian Sistem Prestasi untuk  peserta Remaja , SLTA  dan dewasa dengan nomor Katagori Tanding dan Seni.


Dua pesilat tengah bertanding pada kejuaraan Cilacap Championship 1 2023 di GOR Wijaya Kusuma Cilacap. Minggu (5/11/2023) 

Dikatakan  penyelenggarakan pemasalan peserta usia dini bertujuan untuk meningkatan minat anak untuk berani dan percaya diri akan kemampuan pencak silat yang dimilikinya selama berlatih.


Pada sistem Pemasalan para juara mendapatkan medali juara dan piagam penghargaan, dan  untuk sistem prestasi selain mendapatkan trophy dan medali juga uang pembinaan yang jumlahnya bervariasi.


Dia juga berharap ajang Cilacap Championship 1 nantinya selain sebagai motivasi juga  sebagai ajang melatih keberanian dan untuk pra remaja, dapat menginventaris  bibit-bibit pesilat potensial masa depan.


" Cilacap Championship 1 ini rencananya akan menjadi agenda rutin tahunan,  dilakukan secara berkelanjutan digelar satu tahun satu kali,” ungkapnya. (red.01)

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl

Portal Karangpucung