Top Banner

Ruas Jalan Cilongkrang amblas dan retak

Redaktur
Minggu, Mei 07, 2023
Last Updated 2023-05-18T00:20:59Z
Premium By Raushan Design With Shroff Templates
WANAREJA-Jalan Raya Cilongkrang Kecamatan Wanareja Kabupaaten Cilacap kembali mengalami amblas. Sabtu (6/5/2023). Akibatnya jalur transportasi kendaraan terganggu dan harus berhati-hati.


Petugas Bina Marga,BPBD dan PJKA melakukan Perbaikan Jalan Ruas jalan lintas Provinsi Cukangleles-Sidareja Km.99-100 yang mengalami amblas. Sabtu (6/5/2023).


Meskipun ambles, sejumlah kendaraan roda dua dan roda empat masih bisa melintas namun tetap hati-hati, karena laju kendaraan melambat.

Menurut Kepala Desa Cilongkrang Kecamatan Wanareja Endang Wahyu mengatakan, Jalan amblas sudah terlihat pada hari jum’at siang, namun malamnya diguyur hujan deras dalam waktu lama, karena kondisi tanah yang labil tidak hanya mengakibatkan ambles tapi juga retakan.

Jalan amblas disertai retakan terjadi pada Sabtu dinihari sekitar Pukul 02.00 wib dengan panjang 10 meter dengan lebar 12 meter dengan kedalaman sekitar 30 sampai 50 sentimeter dan terjadi patahan melintang di tengah, serta satu titik ambles di sisi jalan, jalan tersebut merupakan Ruas jalan lintas Provinsi.

“Jalan Cilongkrang Wanareja yang ambles merupakan penghubung jalur Sidareja, Cipari, dan Wanareja lokasinya di tanjakan Kebun Karet PTPN IX Km. 99-100 Cukangleles - Sidareja.” Ungkap Endang.

Kemudian Pemerintah Desa Cilongkrang dan warga dibantu Babinsa Koramil dan Babinkamtibmas Polsek Wanareja melakukan penanganan darurat dilokasi kejadian

Dikatakan jalan tersebut merupakan langganan amblas setiap tahun disebabkan dilokasi tersebut tanah labil dan terdapat sumber air di sisi jalan. sehingga kontur tanah manjadi gembur dan tergerus sampai ambles.

Kemudian diselatan dan di bawah, aspal tergerus ke utara jadi turun, kemudian yang patah adalah batas badan longsornya.

Setelah berkoordinasi dengan forkompimcam, pihaknya langsung melaporkan kejadian tersebut ke BPBD dan Bina Marga untuk melakukan perbaikan dan penambalan retakan jalan yang amblas dan sudah bisa dilewati.

“ Alhamdulilah sudah dilakukan penanganan bersama melibatkan Petugas PU Bina Marga, BPBD dan PJKA dan jalan bisa dilalui semua jenis kendaraan kecuali kendaraan besar belum diperbolehkan.”Pungkasnya. (Taslim Indra)

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl

Portal Karangpucung