Top Banner

Permudah pelayanan,Disdukcapil Cilacap Luncurkan Aplikasi ‘Dolan Teluk Penyu’

Redaktur
Kamis, Januari 18, 2024
Last Updated 2024-01-17T18:54:14Z
Premium By Raushan Design With Shroff Templates


PJ Bupati Cilacap Awaluddin Muuri didampingi Kepala Disdukcapil Cilacap Annisa Febriana bersama jajaran Pejabat saat meninjau pengoperasian aplikasi Dolan Teluk Penyu di Kantor Disdukcapil Cilacap, Rabu (17/1/2024).

CILACAP – Guna mempermudah masyarakat mengurus dokumen kependudukan,  Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cilacap  berinovasi dengan meluncurkan aplikasi ‘Dolan Teluk Penyu’ untuk mempermudah masyarakat mengurus dokumen kependudukan secara online.

Peluncuran Aplikasi Dolan Teluk Penyu secara simbolis dilakukan Penjabat Bupati Cilacap Awaluddin Muuri didampingi sejumlah pejabat pemkab Cilacap yang dilaksanakan di Aula Disdukcapil Cilacap, Rabu (17/1/2024).

Kepala Disdukcapil Kabupaten Cilacap Annisa Fabriana menjelaskan, "Dolan Teluk Penyu’ memiliki arti dokumen online tekan telunjuk permohonan nyusul metu.

Dengan layanan tersebut Masyarakat cukup mengajukan permohonan dokumen kependudukan melalui aplikasi tersebut, selanjutnya datang ke kantor Disdukcapil untuk menyerahkan berkas dan mengambil dokumen yang sudah jadi.


Lebihlanjut dijelaskan aplikasi ‘Dolan Teluk Penyu’ menghadirkan sejumlah layanan dokumen kependudukan secara online meliputi perubahan data, pindah masuk, pindah keluar, akta kelahiran, dan akta kematian. Aplikasi ini dapat diunduh di Playstore.


Dikatakan ada 14 petugas Front Office (FO) dan 7 orang validator yang siap melayani hingga 600 permohonan dalam satu hari kerja. 


Walaupun demikian, pihaknya tidak mengesampingkan layanan tatap muka termasuk masyarakat yang kesulitan mengakses layanan online dapat memanfaatkan layanan ‘garasi’ untuk 200 orang per hari dan akan dipandu secara manual.


“Dolan Teluk Penyu’ memiliki arti dokumen online tekan telunjuk permohonan nyusul metu. " Terangnya.


Annisa berharap, dengan terobosan baru ini, masyarakat dapat mengurus dokumen kependudukan tanpa melalui perantara. Ia juga mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan aplikasi ini dengan bijak dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.


Sementara itu Penjabat Bupati Cilacap Awaluddin Muuri dalam sambutannya mengapresiasi langkah Disdukcapil Cilacap dalam meningkatkan layanan kepada masyarakat.


Menurutnya lnovasi yang dilakukan  sejalan dengan 10 program prioritas Pj. Bupati Cilacap untuk sektor digitalisasi administrasi pemerintahan dan layanan publik.


“Aplikasi ‘Dolan Teluk Penyu’ ini merupakan salah satu bentuk inovasi yang mendukung 10 program prioritas Pj Bupati Cilacap." Ungkapnya


Dia  berharap, inovasi itu dapat diikuti oleh OPD lain sesuai dengan tupoksi masing-masing untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.(red.01)


Sumber :  Kominfo Cilacap

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl

Portal Karangpucung