Top Banner

Amankan TPS Pemilu, Polresta Cilacap terjunkan 646 Personil

Redaktur
Sabtu, Februari 10, 2024
Last Updated 2024-02-10T02:08:52Z
Premium By Raushan Design With Shroff Templates
Ratusan Personel Polri melaksanakan apel kesiapan pengamanan TPS Pemilu 2024 di Cilacap. Jum'at (9/2/2024) foto:polrestacilacap


CILACAP- Dalam rangka kesiapan pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pemilu 2024 Polresta Cilacap dibantu Polda Jawa Tengah menurunkan ratusan personil dalam pengamanan Pemilu 2024 di wilayah Kabupaten Cilacap.


Untuk memastikan kelancaran dan keamanan pelaksanaannya, Polresta Cilacap menggelar apel kesiapan pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS), di halaman Polresta Cilacap, Jumat (9/2/2024).


Dalam apel tersebut, kelengkapan setiap personel perorangan seperti ransel, rolling bed, rompi, jas hujan dan perlengkapan lainnya yang dibutuhkan dalam tugas pengamanan TPS diperiksa dan diberikan arahan dan penekanan mengenai tata cara bertindak dan menghadapi situasi yang mungkin terjadi di lapangan.


Kapolresta Cilacap Kombes Pol Ruruh Wicaksono mengatakan, sebanyak 646 personel Polri diterjunkan untuk pengamanan pemungutan suara di wilayah Kabupaten Cilacap dari Polresta Cilacap sebanyak 501 personel, dan personel Bawah Kendali Operasi (BKO) dari Polda Jateng sebanyak 145 personel.


Dikatakan Kapolresta jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Kabupaten Cilacap cukup tinggi, yakni sebanyak 5964 TPS yang tersebar di 24 kecamatan, dengan pola pengamanan yang dierapkan nanti, 2 personel Polri dan 32 Linmas akan mengamankan 16 TPS.


Dengan kondisi tersebut Kapolresta Cilacap Kombes Pol Ruruh menekankan, kepada seluruh personel yang akan melaksanakan pengamanan TPS untuk tidak menganggap sepele tugas tersebut,harus benar-benar paham akan apa yang harus dilaksanakan


Kapolresta menandaskan, Dalam menjalankan tugas pengamanan TPS, semua Personil harus benar-benar paham akan apa yang harus dilaksanakan dan Jangan menganggapnya seperti pengamanan biasa mengingat Situasi Pemilu memiliki dinamika tersendiri yang harus dipahami dan ditangani dengan serius.



"Seluruh personel akan melaksanakan pergeseran pasukan menuju ke wilayah masing-masing pada 13 Februari, personel harus memahami karakteristik wilayah masing-masing TPS supaya kita dapat mengambil langkah-langkah yang tepat dalam menjaga keamanan,” Tandasnya.



Kapolresta Cilacap Kombes Pol Ruruh Wicaksono saat memeriksa pasukan yang akan bertugas pengamanan Pemilu di Cilacap, Jumat (9/2/2024)/ foto: Polresta Cilacap.

Usai melaksanakan apel dilaksanakan simulasi pemungutan suara di TPS, yang memperagakan seorang warga yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang tidak sesuai dengan domisili hak pilihnya pada TPS yang dituju, sehingga terjadi keributan, personel Polri mengambil tindakan sesuai SOP.


Kapolresta menegaskan Tahapan pemungutan suara tinggal beberapa hari lagi, oleh karena itu Dia menghimbau seluruh personelnya, untuk selalu melaksanakan tugas dengan penuh tanggungjawab dan tetap fokus. Sehingga, Pemilu 2024 dapat berjalan dengan aman lancar tanpa kekurangan. (*)


Editor : Taslim Indra
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl

Portal Karangpucung