Top Banner

Polresta Cilacap Gelar Operasi Ketupat Candi 2024, Antisipasi Pergerakan Masyarakat Selama Lebaran

Redaktur
Kamis, April 04, 2024
Last Updated 2024-04-04T13:03:59Z
Premium By Raushan Design With Shroff Templates


Pj Bupati Cilacap Awaluddin Muuri didampingi Kapolresta Cilacap, Danlanal dan Dandim saat pemeriksaan pasukan Operasi Ketupat Candi 2024 di Alun-alun Cilacap, Kamis (4/4/2024).

CILACAP – Polresta Cilacap menggelar Operasi Ketupat Candi 2024 dalam rangka mengantisipasi lonjakan pergerakan masyarakat selama musim Lebaran 2024. Apel gelar pasukan digelar di Alun-Alun Kabupaten Cilacap, Kamis (4/4/2024) dipimpin oleh Pj. Bupati Cilacap, Awaluddin Muuri.


Dalam apel ini Kapolresta Cilacap Kombes Pol. Ruruh Wicaksono, Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf. Andi Yuliazi, dan Danlanal Cilacap Kol. Laut (P) Robby Edevaldo turut mendampingi Pj. Bupati. Hadir pula unsur Forkopimda, para pejabat, dan pimpinan lembaga, BUMN, BUMD serta undangan lain.


Apel yang dilaksanakan secara serempak di seluruh Indonesia ini diikuti unsur TNI, Polri, Satuan Pengamanan, Satpol PP, Dinas Perhubungan, BPBD Kabupaten Cilacap, Basarnas, Sat Polair, serta mitra kamtibmas lainnya.


“Berdasarkan survei, Kementerian Perhubungan memprediksi adanya potensi pergerakan masyarakat sebesar 193,6 juta orang pada musim lebaran tahun 2024, meningkat sebesar 56,4% dibandingkan tahun 2023”, kata Pj. Bupati saat membacakan sambutan Kapolri Jendral Polisi Listryo Sigit Prabowo.



Oleh karena itu, masyarakat dihimbau untuk mudik lebih awal mengingat kenaikan signifikan tersebut. Untuk menghadapi tantangan ini, TNI-Polri bersama stakeholder terkait melaksanakan operasi terpusat bersandi ’Ketupat 2024’.


Operasi ini dilaksanakan selama 13 hari, mulai tanggal 4 hingga 16 April 2024 dengan melibatkan 155.165 personil. Operasi ini telah diawali sejak 28 Maret dan akan dilanjutkan pasca operasi dari tanggal 17 hingga 23 April 2024.


“Dalam operasi ini telah dipersiapkan dengan 5.784 pos yang terdiri dari 3.772 pos pengamanan, 1.532 pos pelayanan, dan 480 pos terpadu,” ungkap Pj. Bupati.


Kapolresta Cilacap, Kombes Pol. Ruruh Wicaksono mengatakan, khusus di Kabupaten Cilacap, tahun ini pihaknya menerjunkan sekitar 365 personil Polri, 12 TNI, dan 36 dari instansi terkait.


”Ada perbedaan pengamanan tahun ini. Tahun lalu kita membangun kurang lebih ada 13 pos pengamanan. Tahun ini hanya 5, kemudian kita perkuat dalam bentuk pos pos strong poin, titik macet, titik titik keramaian kita bangun strong point. Kita libatkan anggota juga”, terangnya.


Untuk mengantisipasi potensi tindak kriminalitas selama musim lebaran, Polresta Cilacap juga melaksanakan kegiatan rutin Cipta Kondisi dan Operasi Pekat. Rutuh menegaskan, berbagai langkah yang ditempuh diharapkan dapat memberikan rasa aman dan ceria bagi masyarakat yang merayakan Idul Fitri. (kominfo)


iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl

Portal Karangpucung