Top Banner

Puskesmas Cimanggu I, Tanggung Biaya iuran BPJS warga Kurang mampu

Redaktur
Kamis, Februari 15, 2024
Last Updated 2024-02-19T13:00:06Z
Premium By Raushan Design With Shroff Templates

Kepala Puskesmas Cimanggu 1 Agung Budiyono secara simbolis menyerahkan tanda kepesertaan BPJS Kesehatan untuk keluarga kurang mampu.Kamis (15/2/2024)

CIMANGGU- Sebagai Wujud kepedulian terhadap kesehatan masyarakat, Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Puskesmas Cimanggu I melakukan aksi peduli sosial berupa bantuan tanggungan biaya kesehatan kepada keluarga atau masyarakat kurang mampu melalui Prgram Corporate Social Responsibilty (CSR).


Bantuan tersebut berupa tanggungan biaya pembayaran kepesertaan BPJS Kesehatan kepada 100 keluarga kurang mampu di wilayah kerja Puskesmas Cimanggu I.Kamis (15/2/2024)


Kegiatan Penyerahan bantuan biaya kepesertaan BPJS secara resmi dilaksanakan di Aula Wijayakusuma Puskesmas Cimanggu 1, ditandai dengan penanda tanganan kerjasama antara Puskesmas Cimanggu dengan Kantor BPJS Kesehatan Cilacap dan penyerahan surat kepesertaan BPJS.


Turut hadir menyaksikan dan penyerahan secara simbolis Kabid Yankes Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap, Camat Cimanggu, Kapolsek Cimanggu, Danramil 16 Cimanggu dan perwakilan kepala desa serta keluarga penerima.


Kepala UPTD Puskesmas Cimanggu I Agung Budiyono,SKM,MM mengatakan,
Kegiatan CSR merupakan pengembangan dari
Program BERGASS (Bersama Keluarga Sehat Sejahtera) diluncurkan Puskesmas yang dipimpinnya sebagai inovasi untuk menunjang program kerja dan layanan Puskesmas Cimanggu selain pelayanan pasien dan penyuluhan kesehatan masyarakat.


Kepala Puskesmas Cimanggu 1 Agung Budiyono saat melakukan Penandatanganan kerjasama kepesertaan BPJS untuk keluarga kurang mampu dengan kantor cabang BPJS Cilacap. Kamis (15/2/2024)

Program Bergass dilaksanakan sebagai wujud solidaritas dan kepedulian jajaran Puskesmas Cimanggu I terhadap permasalahan sosial dan kesehatan yang dialami masyarakat melalui aksi nyata.


Beberapa aksi yang dilakukan diantaranya Penanganann Orang dalam gangguan jiwa (ODGJ, Penanganan Stunting dan penananganan Gizi buruk, rujukan pelayanan kesehatan keluarga kurang mampu dan pemberian bantuan korban bencana.


Dikatakan program bergass sudah berjalan 4 tahun, dengan melaksanakan kegiatan , penanganan rujukan ataupun penjemputan ODGJ untuk dirawat rumah sakit sampai sembuh.


Kemudian Penangan Stunting dan gizi buruk berupa pemberian bantuan makanan/asupan gizi kepada keluarga, memberikan bantuan rujukan untuk kelaurga kurang mampu.



" Di Tahun kelima ini kami berikan bantuan Tanggungan biaya iuran kesehatan melalui kepesertaan BPJS Kesehatan bagi keluarga kurang mampu yang belum tercover dari target 100 orang terealisasi 50 orang dilakukan secara bertahap ." Ungkap Agung.


Lebih agung menjelaskan Bergass beranggotakan seluruh karyawan UPTD Puskesmas Cimanggu I, Termasuk pembiayaan  CSR diperoleh dari  iuran karyawan UPTD Puskesmas Cimanggu 1 dan penggalangan donatur lainnya di internal Puskesmas Cimanggu 1.



Sedangkan sasaran program tersebut adalah keluarga yang memiliki permasalahan kesehatan diantaranya ibu hamil dengan resiko tinggi, usia produktif yang mempunyai penyakit kronis, masyarakat yang mengidap penyakit  gangguan jiwa (ODGJ) dari keluarga  yang tidak mampu dan belum tercover kepesertaan BPJS.


Dia berharap dengan adanya program CSR dan Bergass dapat membantu mengentaskan kemiskinan, menurunkan angka gizi Buruk dan angka stunting serta  menolong meringankan beban keluarga kurang mampu baik yang membutuhkan pelayanan kesehatan maupun bantuan sosial lainnya.



Camat Cimanggu mewakili Forkompimcam melakukan penyerahan bantuan kepesertaan BPJS Kesehatan kepada warga kurang mampu.Kamis (15/2/2024)


Sementara itu Camat Cimanggu Bambang Tutuko mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi kepedulian dan aksi nyata jajaran Puskesmas Cimanggu 1 selain memberikan pelayanan kesehatan juga memberikan bantuan menanggung pembiayaan Iuran kepesertaan BPJS bagi keluarga kurang mampu.


" Kami sangat mengapresiasi inovasi, kepedulian maupun solidaritas yang terbangun jajaran Puskesmas Cimanggu 1 dalam meningkatkan kesehatan masyarakat." Pungkasnya.


Hal senada juga disampaikan Kabid Yankes Dinkes Cilacap, dr. Wartoyo pihaknya sangat mendukung inovasi yang dilakukan jajaran Puskesmas Cimanggu 1, tidak hanya membantu masyarakat Cimanggu tapi juga Pemkab Cilacap dalam pelayanan kesehatan masyarakat. (*)


Editor : Taslim Indra



iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl

Portal Karangpucung