Top Banner

Pramuka Kwartir Ranting (Kwaran) 110116 Wanareja Gelar Pesta Siaga

Redaktur
Sabtu, Februari 17, 2024
Last Updated 2024-02-17T10:56:09Z
Premium By Raushan Design With Shroff Templates


Bunda Ela Agustina Irwan Arianto melakukan pemukulan gong menandai pembukaan lomba Pesta Siaga Pramuka Kwaran ranting Wanareja tahun 2024.Sabtu (17/2/2024)

WANAREJA-Sebanyak 75 barung putra  dan putri di Gugus Depan Kwartir Ranting (Kwaran) 110116  Wanareja  mengikuti Pesta Siaga, yang dilaksanakan dialun-alun Kecamatan Wanareja, Cilacap.Sabtu  (17/1).

Pesta siaga yang digelar selama satu hari ini dibuka secara resmi oleh Bunda Siaga dalam upacara pembukaan ditandai dengan pemukulan Gong dan Pelepasan balon keudara serta penyematan tanda peserta lomba Pesta Siaga.

Hadir pada Upacara Pembukaan Pesta siaga tersebut Forkompimca,Korwil Bidik Wanareja,selaku Mabiran,Pengawas Sekolah,Kamabigus,SD/MI Mabigus,Pengurus Kwaran,Dewan Kerja Ranting dan Pembina gudep serta pendamping.

Bunda Siaga Ela Irwan Arianto dalam sambutannya mengatakan, Pesta Siaga merupakan sarana pembelajaran bagi pramuka siaga sebagai sarana untuk berlatih mandiri bagi anggota pramuka dalam menghadapi kehidupan sesungguhnya baik dalam kehidupan  keluarga maupun bermasyarakat.

Selain sebagai ajang kompetisi yang sportif dalam meraih hasil yang maksimal menuju pesta siaga yang lebih tinggi, Pesta Siaga juga sebagai ajang komunikasi dan memupuk persaudaraan di antara anggota pramuka siaga.

Bunda Ela Agustina Irwan Arianto melakukan melakukan penyematan kepada peserta lomba Pesta Siaga Pramuka Kwaran ranting Wanareja Tahun 2024 di Alun-alun  Kecamatan Wanareja. Sabtu (17/2/2024)

Serta bisa bersahabat dengan teman-teman antar sekolah,gudep dan lingkungan momentum membahagiakan, sehingga harus mengikuti kegiatan dengan senang hati. 

Dikatakan diera globalisasi  dan modernisasi yang diikuti perkembangan teknologi informasi telah mengakibatkan lunturnya nilai-nilai budaya daerah dan kaburnya jiwa nasionalisme serta menipisnya wawasan kebangsaan generasi muda.

Oleh karena itu Dia berharap kegiatan pesta siaga yang dilaksanakan bisa memberikan bermanfaat bagi seluruh peserta, dalam  meningkatkan pengetahuan,keterampilan,memupuk rasa nasionalisme dan wawasan Kebangsaan bagi generasi muda serta pembentukan Karakter.

Selanjutnya kepada pembina pramuka harus selalu menerapkan unsur-unsur kegiatan yang Sesosif ( Spritual, Emosional,Sosial, Intelektual dan fisik) yang berdasar pada Satya dan Darma Pramuka sesuai tujuan Pramuka.

“ Bunda berpesan dan berharap kalian bisa  tampil lebih optimal lebih disiplin, lebih berani, lebih mandiri dan menjadi suri tauladan dilingkungannya, para pembina juga terus berupaya mengaktualisasikan seluruh kompetensinya untuk mewujudkan generasi pramuka yang tangguh dan tanggon dalam menghadapi realitas sehari-hari .” katanya.


Ketua Panitia Pelaksana  Tatang Carwanto, SPd, dalam laporannya mengatakan,kegiatan pesta siaga dengan tema ASIK (Aktif, Santun, Inovatif  dan  Kreatif)  diikuti oleh SD maupun Madrasah Ibtidaiyah yang ada di Kecamatan Wanareja sebanyak  600 peserta pramuka penggalang terdiri dari 256 putra dan 344 putri ditambah pendamping 225 putra dan putri dengan jumlah Barung 75 masing-masing barung terdiri dari 8 anggota.


Peserta saat menampilkan kreatifitas  pesta seni dan budaya pada lomba Pesta Siaga Pramuka Kwaran  Cimanggu di Alun-alun  Kecamatan Wanareja. Sabtu (17/2/2024)

“ Jumlah Peserta yang mengikuti Kegiatan ini sebanyak 911 orang, materi yang dilombakan diantaranya Taman ketaqwaan, Taman Kebangsaan, Tali Temali, Taman Atribut, Taman Simpul Ketaqwaan,Taman Siaga pintar, Fun Ball, Kompas, Pentas Seni budaya, bumbung  kemanusiaan dan lain-lain” Terangnya.

Selain itu Kegiatan Pesta Siaga juga bertujuan untuk mencari bakat yang bakal mengikuti di tingkat Kwarcab Cilacap, pesta siaga ini digelar untuk meningkatkan pengetahuan,keterampilan, dan kedisiplinan dari para anggota pramuka siaga.

Selanjutnya Barung yang menjadi pemenang dalam Pesta Siaga tingkat Kwaran Wanareja  nantinya akan mengikuti pesta siaga tingkat Kwartir Cabang 1101 Cilacap mewakili Kwaran Wanareja. 

Berdasarkan hasil Rekapitulasi lomba Pesta Siaga Kwaran ranting Wanareja juara 1 Putra diraih MI Naarif Wanareja jumlah nilai 715,5, Juara II  SDN Tambaksari 02  jumlah nilai 697 dan Juara III SDN Malabar 01 jumlah nilai 696.(*)



Editor : Taslim Indra






iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl

Portal Karangpucung