Top Banner

Kenalkan berhaji sejak dini, ribuan murid TK /PAUD/KB di Cimanggu ikut Manasik haji

Redaktur
Jumat, Mei 31, 2024
Last Updated 2024-05-31T06:05:51Z
Premium By Raushan Design With Shroff Templates

Sejumlah murid TK/ PAUD dan Kelompok Bermain di Kecamatan Cimanggu Antusias saat melakukan prosesi Rukun haji pada Kegiatan Manasik Haji. Sabtu (30/5/2024)


CIMANGGU,HARIANCILACAP - Sebanyak 1100 murid Taman Kanak-kanak (TK) dan Kelompok Bermain di Wilayah Kecamatan Cimanggu Kabupaten Cilacap mengikuti Manasik Haji. Kamis (30/5/2024).

Kegiatan dilaksanakan dilapangan Tribangkit Cimanggu dibuka oleh Bunda PAUD Kabupaten Cilacap Fitriatin Awaludin Muuri ditandai dengan Pelepasan kloter.

Turut mendampingi Bunda PAUD Kecamatan Cimanggu Aida Bambang Tutuko Camat Cimanggu Bambang Tutuko, Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Cimanggu Eko Sartono.

Kegiatan pembukaan juga dihadiri Pengawas Kantor Kemenag Cilacap, Forkompimcam Ketua Lembaga TK/Kelompok Bermain (KB), Ketua Himpaudi Kecamatan Cimanggu, Guru TK/KB dan wali murid.

Bunda PAUD Kecamatan Cimanggu Aida Bambang Tutuko dalam sambutannya menyampaikan, Kegiatan bertujuan memberikan pengetahuan dan mengenalkan konsep haji sejak dini, sesuai rukun islam yang kelima dengan melaksanakan prosesi rukun haji seperti thawaf di Kabah, sai dan tahallul, wukuf di Arafah, mabit di Muzdalifah dan Mina hingga lempar jumrah.

Diharapkan melaui kegiatan tersebut anak tidak hanya hapal urutan rukun islam tetapi mengerti dan tau serta mengaplikasikannya, harus bersabar,setia hati dan cerdas sebagai calon haji dan hajah.

Hal senada disampaikan Bunda PAUD Kabupaten Cilacap Fitriatin Awaludin Muuri saat dikonfirmasi, Dia menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan latihan manasik haji dan antusiasme perserta mengikuti latihan manasik haji.

Dikatakan Kegiatan yang dilaksanakan sangat bermanfaat, tidak hanya penanaman karakter anak juga mengenalkan salasatu rukun islam yang ke lima sejak dini sebagai bekal pengetahuan dalam melaksanakan haji bila dewasa nanti.

Dorong Akreditasi Lembaga

Menanggapi masih banyak Lembaga TK/PAUD di Kabupaten Cilacap yang belum terakreditasi, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan untuk melakukan upaya guna mendorong peningkatan sarpras tapi juga peningkatan kualitas sumberdaya para pendidiknya melalui berbagai kegiatan pelatihan maupun kualifikasi pendidikan.

Dikatakan dalam waktu dekat Persatuan Penyelenggara pendidikan Anak Usia Dini (PP-PAUD) akan menggelar kegiatan dengan beberapa komponen meliputi, Himpaudi, IGTKI, Dinas Pendidikan untuk memberikan bimbingan kepada lembaga/pendidik TK/PAUD/KB yang belum terakreditasi

" Alhammdulillah GOP-PAUD (Gabungan Organisasi Penyelenggara) yang berubah menjadi PP-PAUD semuanya sudah terakreditasi, yang belum hanya lembaga yang baru." Terang Fitriatin.

Sementara itu Ketua Pelaksana kegiatan Siti Amiroh saat dikonfirmasi mengungkapkan, Kegiatan Manasik Haji merupakan agenda rutin tahunan PKG-TK/PAUD yang tergabung dalam Himpaudi Kecamatan Cimanggu.

Kegiatan manasik haji diikuti 1100 peserta berasal dari 52 lembaga pendidikan Sekolah TK sebanyak 15 sekolah dan 37 Kelompok Bermain/PAUD di Wilayah Kecamatan Cimanggu ditambah pendamping sebanyak 150 orang.

" Jumlah keseluruhan lembaga ada 53 namun satu lembaga yang tidak ikut yakni TK/PAUD Ibnu Khaldun Sudimara Desa Bantarmangu." Ungkapnya. (Lim)
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl

Portal Karangpucung